Sabtu, 07 Desember 2013

My Paradise Island

Assalamualaikum :D
ulya mau posting tanah kelahiran nih *ceilah tanah kelahiran :p
dari kemarin kan postingan nya materi kuliah teruss :p

Sebelumnya diperkenalan blog, ulya udah bilang kan kalo ulya berasal dari pulau yang paling indah di dunia ini. Nah sekarang ulya mau pamerin keindahan ini pulau :p *bahasanya :p
Keindahan nya ? semuanya ? enggak. wkwk
Kalo semuanya yaa ga abis-abis postingannya, soalnya pulau ini terlalu banyak keindahannya :D
hihihi
Jadi ulya mau posting salah satu pantai yang ada dipulau ini, dimana pantai ini limited edition banget di dunia :p
dua diantaranya itu ada di Indonesia, satunya di Pulau Lombok (NTB) dan satunya lagi di Pulau Komodo (NTT).
Pantai apaan sih itu, sampe di dunia aja pake limited :D
Bentar lg temen-temen bakalan tau itu pantai apa, hihi sebenarnya kalo masalah pantai, di pulau terindah ini ada banyak banget pantai yang sama-sama ga kalah bagusnya dan indahnya. Tapi untuk kali ini kita bahas pantai limited ini dulu yaa, lain kali akan dibahas deh tempat-tempat yang wow lagi :D


Pantai Pink yang Unik di Indonesia

Ditulis Oleh Bali Tour Pada November 2, 2012


Pernahkah anda membayangkan berada di sebuah pantai dengan pasir berwarna merah muda/pink? Mungkin anda akan menjawab, “Tentu saja! Di dalam mimpi saya.” Bagaimana jika kami mengatakan kalau Pantai Pink benar-benar ada? Anda mungkin tak percaya, tapi faktanya pantai dengan pasir pink memang nyata dan berada di dua lokasi di Indonesia berikut.

Pantai Tangsi, Lombok





Pantai Tangsi terletak di Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Timur, Kecamatan Jerowaru. Pantai ini memang tidak seterkenal pantai-pantai indah lainnya di Pulau Lombok seperti Pantai Senggigi atau Gili Trawangan yang namanya telah mendunia. Namun, saat ini Pantai Tangsi sedang naik daun karena potensinya baru ditemukan. Bahkan, para penduduk lokal pun tidak menyadari bahwa keindahan pantai ini dapat menarik wisatawan. Baru setelah sebuah media massa meliput keberadaan pantai ini banyak orang-orang berdatangan karena penasaran.

Secara geografis, pantai ini terletak di ujung selatan Pulau Lombok. Untuk mencapainya, diperlukan sedikit perjuangan karena memang akses menuju pantai ini tidak terawat. Dari ibukota yaitu Kota Mataram, diperlukan sekitar 3 jam perjalanan sampai akhirnya tiba di pantai unik ini. Bahkan untuk saat ini, belum ada retribusi ataupun tiket masuk yang dikenakan pada pengunjung karena memang potensi tempat ini baru saja ditemukan sehingga belum dikelola oleh pemerintah setempat.

Di kedua sisi pantai ini anda akan melihat dua bukit tinggi yang mengelilingi kawasan ini. Pantai Tangsi pada dasarnya berbentuk seperti sebuah cekungan yang diapit oleh bukit atau sedikit mirip sebuah laguna. Situasinya yang natural serta damai telah menarik beberapa wisatawan asing untuk berkunjung.

Keunikan utama dari Pantai Tangsi adalah warna pasirnya. Warna merah muda tersebut dihasilkan oleh serpihan-serpihan koral merah yang terbawa ombak. Karena kondisinya yang baru terkenal, pantai ini masih sepi bahkan di akhir pekan. Namun seiring waktu berjalan, jumlah pengunjung pantai ini diharapkan dapat mengalami peningkatan. Hal itu mungkin saja terwujud andaikata pemerintah dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki pantai ini dengan memperbaiki akses jalan dan fasilitas pariwisata yang memadai. Selain itu, di dekat pantai ini juga terdapat Gua Jepang yang cukup menarik untuk dijadikan objek wisata tambahan. Gua ini dulunya dipergunakan sebagai basis militer oleh tentara Jepang. Menurut penuturan warga sekitar, jika kita menyusuri gua ini sampai akhir, kita akan tiba di sebuah pantai baru di belakang bukit.

Untuk saat ini, kebersihan serta kealamian pantai ini masih terjaga dengan baik. Tidak ada sampah-sampah non organik yang bertebaran di sekitar pantai. Keadaan pantai ini harus tetap dipertahankan agar para wisatawan tetap merasa nyaman untuk berkunjung. Terlebih lagi, pantai ini memiliki potensi wisata yang baik dalam bentuk kedamaian suasananya dan yang paling utama tentu keunikan pasir pantainya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat setempat.

 

Pantai Pink, Pulau Komodo




Mungkin selama ini Pulau Komodo hanya dikenal sebagai sarangnya para naga komodo. Namun, kini ada tempat wisata yang tak kalah menarik dan unik yang bisa dikunjungi di kawasan taman nasional ini yaitu Pantai Pink. Seperti namanya, Pantai Pink memiliki pasir berwarna merah muda yang tersebar di sepanjang garis pantai. Warna pink itu sebenarnya terjadi karena percampuran dari kalsium karbonat putih dan tulang/rangka merah terang dari koral pipa (organ pipe coral) yang telah mati dan banyak tumbuh di bawah perairan.

Memang jika dilihat dari kejauhan pantai ini memiliki pasir putih yang normal, tapi ketika didekati barulah anda dapat melihat jika sebenarnya pasir pantai ini berwarna pink. Ketika air laut yang berwarna biru mensapu pasir-pasir ini, akan terlihat perpaduan dua warna cerah yang menawan. Keindahan dari Pantai Pink ini akan semakin sempurna jika terkena sinar matahari.

Pantai Pink juga memiliki biota laut dan terumbu karang yang menakjubkan. Ada banyak spesies ikan di pulau ini serta 70 jenis spons laut hidup di area sekitar perairan Pantai Pink. Para pengunjung biasanya melakukan diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut tersebut.

Meskipun unik, pantai ini tidak terlalu populer di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo sehingga keadaan alamnya masih natural, damai, dan bersih. Jika anda berniat untuk mengunjungi pantai ini, petugas dari Pengelola Taman Nasional Pulau Komodo akan menemani anda untuk menjaga anda dari gangguan komodo yang meskipun jarang menyerang manusia tapi harus tetap diwaspadai karena pulau ini pada dasarnya adalah rumah mereka. Namun anda tak perlu khawatir, dengan ditemani petugas tersebut keamanan anda pasti lebih terjamin karena komodo hampir tidak pernah menyerang manusia terutama penduduk lokal.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar